Selasa, 31 Januari 2012

Pelatihan Guru IT di SMKN 4 MALANG (25 January-29 January)

Pelatihan Guru IT di SMKN 4 MALANG (25 January-29 January)
       Pelatihan guru menggunakan IT untuk mempermudah pembelajaran yang di adakan sejak  Hari rabu 25 Januari sampai hari ini berlangsung tertib. Acara yang di ikuti guru SD,SMP,dan SMK se-kota Malang yang....
di adakan berkat kerjasama dengan Organisasi guru (IGI) ,ACER, dan Diknas Pendidikan Kota Malang ini di adakan di SMKN 4 MALANG dari pukul 13.00 sampai dengan 17.00 di ruang Auditorium SMKN 4 MALANG dan 2 kelas yaitu kelas MM-A dan MM-B. Yang di ikuti 150 guru SD, 240 guru SMP, dan 180 guru SMK se-Kota Malang ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru agar mudah melakukan pembelajaran menggunakan software aplikasi berbasis IT. Berlangsung nya acara tersebut terlaksana dengan program SAGUSALAH yaitu Satu Guru Satu Laptop yang di bimbing 1 traner dari Surabaya yaitu Bpk.Bambang-SMA 7 SURABAYA dan 4 trainer dari kota Malang yaitu Bpk.Amir,Bpk.Abdullah,Bu.Wiwik,Dll. Dalam mewujudkan Visi dan Misi agar guru dapat dengan mudah melakukan pembelajaran dengan menggunakan software aplikasi berbasis IT , Masing-masing guru di bekali dengan 1 laptop,modem dan DVD software aplikasi agar dapat di manfaatkan oleh guru-guru tersebut. Selain itu tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menunjukan kompetensi guru agar mampu memanfaatkan jejaring sosial agar dapat membatu mempermudah pembelajaran , seperti FB ,Twitter, Blog,dll agar jejaring sosial tersebut juga bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari selain untuk mencari teman dan berbagi curhat. Selama kegiatan tersebut ,masing-masing kelas di dampingi para trainer dan asisten untuk membantu para guru yang kesusahan dalam menginstal atau memakai laptop tersebut. Setelah kegiatan pelatihan tersebut selesai, akan di lanjutkan di PLC Learning Sentence dengan system free, yaitu para guru yang mengikuti kegiatan tersebut ataupun trainer tidak di pungut biaya sama sekali. Hal ini karena Kewajiban masing-masing perusahaan yang di wajibkan menyisihkan 20% laba nya untuk dana pendidikan . Hal ini sangat efektif untuk membantu pelatihan seperti ini guna memajukan guru agar selalu update dengan IT.
       IGI yang meprakarsai kegiatan tersebut mempunyai 2 cabang yang berada di Perum Permata Jingga dan Jalan kebonsari ini berpusat di Jakarta dan Surabaya ini sudah di ikuti 350 member dari Surabaya dan 20.000 lebih member di Indonesia . Organisasi guru se Indonesia yang di sahkan pada tahun 2007 ini mempunyai visi dan misi meningkatkan professional guru untuk mengajar agar guru lebih berwawasan dan selalu update IT agar mudah mengajar dengan cara modern agar guru mampu berkompetensi dan lebih maju dari siswanya dalam bidang IT.
       Kegiatan yang di adakan di SMKN4 MALANG ini memberikan kompetensi semua mata pelajaran dengan instruktur guru SMK se-Jawa Timur. Selain guru di bekali masing-masing satu laptop,modem,dan DVD yang berisi software aplikasi yang menunjang dan membantu pembelajaran ,guru juga di ajarkan untuk dapat menggunakan software tersebut dalam pembelajaran adaptif, normatif.maupun produktif. Hal ini dapat membantu guru itu sendiri agar mampu berkompetensi di dalam sekolah maupun luar sekolah agar tidak ketinggalan tren di dunia modern ini dan tidak kalah ilmu dengan murid nya. Selain itu ,Acara yang bekerjasama dengan ACER dan Diknas pendidikan ini juga dapat meningkatkan mutu pendidikan agar tidak monoton menggunakan cara tradisional yang memanfaatkan papan tulis dan kapur putih yang kurang efisien dan membuat siswa menjadi bosan , jika guru melakukan pembelajaran menggunakan software aplikasi ,hal ini dapat menghemat waktu dan memberikan pembelajaran yang menyenangkan untuk murid-murid nya. Selain itu guru juga di tuntut untuk memasukkan pembelajaran agama dan mengajarkan pembelajaran berdasarkan Al-quran untuk siswa beragama islam agar tetap ingat pada sang pencipta dan membentuk karakter pada masing-masing siswa agar mereka tidak menyeleweng dari ajaran agama.



© CopyRight Ibelashri Justiceka Atasi January, 25 2012 Allright Reserved


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review