Jumat, 10 Februari 2012

3R

3R


Reduse reuse recycle atau yang biasa di sebut 3r oleh warga smkn 4 malang ,
menampakkan prestasinya. Dalam rangka membuat lingkungan sekolah menjadi bebas samapah, baik kering maupun basah atau pun organic dan nonorganic di pisahkan dan di olah menjadi barang yang lebih berguna , atau biasa di sebut daur ulang.

Hal tersebut di dukung dengan mengingatkan masingmasing kelas untuk selalu mengumpulkan sampah, dan memberi pengarahan tentang pemilahan sampah tersebut. Setiap istirahat atau pun pulang sekolah , masingmasing kelas di wajib kan menyetorkan sampah tersebut di bang sampah yang bertempat di sebelah ruang praktek jurusan PS dan sebelah toilet baru yang bertempatan di ruang belakang, para siswa di wajibkan memilah dan menyetorkan sampah dari tempat sampah yang sudah di bagikan masingmasing dua buah, untuk sampat jenis kertas dan plastic. Selain itu, masingmasing kelas juga di wajibkan membuang sampah berdasarkan jenis nya, agar mudah memisahkan dan memproses nya menjadi daur ulang.
Untuk mensukseskan kegiatan tersebut, kepala sekolah juga sudah memberikan persiapan yaitu memberikan masingmasing 3 buah tong sampah yaitu untuk sampah basah, kering, maupun campuran. Setelah itu hasil dari pemilahan tersebut di olah menjadi berbagai macam barang, seperti kompos, tas dari pembungkus makanan, ataupun platic yang siap di proses menjadi plastic kemasan.
Hal ini di lakukan untuk menjadikan SMKN 4 MALANG bebas dari sampah dan lingkungan menjadi bersih dan asri, hal ini tidak mengherankan mengingat pemanasan global yang semakin ganas dan penanganan sampah di lingkungan masyarakat lebih memberikan efec merugikan di banding memberikan manfaat terhadap masyarakat. Maka dari itu, SMK 4 memberikan pengarahan, dan contoh untuk bisa memanfaatkan sampah menjadi hal yang lebih bermanfaat terhadap kehidupan.  Dengan cara memanfaatkan nya untuk pupuk , atau menggunakan nya dan membuat nya untuk alat pelengkap kebutuhan seharihari. Hal ini tentu sangat menguntungkan untuk masyarakat, kusus nya untuk warga smkn 4 malang yaitu selain dapat membantu masyarakat memanfaatkan sampah untuk hal yang lebih berguna , barang yang di hasilkan dapat menambah dana atau ekonomi dari warga smkn 4 itu sendiri.
Sampah yang tekumpul di bang sampah tersebut di olah menjadi berbagai macam barang dan bahan. Hasil tersebut di peroleh dari hasil pemilahan masing masing jenis sampah dan pencacahan yang di lakukan dengan menggunakan mesin cacah yang sudah di gunakan . dan hasil nya di olah lagi menjadi barang yang di inginkan, setelah itu bahan tersebut masih di olah menjadi barang barang yang dapat membantu kebutuhan kita, seperti memberikan hiasan dan mengunting bahan tersebut menjadi bentuk yang kita ingin kan, selain menjadikan sampah menjadi lebih berguna bagi masyarakat kegiatan tersebut juga dapat memunculkan kekreativan anak tersebut menjadi lebih berkembang selain itu hal tersebut juga dapat memunculkan siakp kepedulian terhadap sesame semakin besar, Karena secara tidak langsung mereka di tuntut untuk mau memperhatikan sampah yang notabene hanya merugikan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review